Harga Tiket (& discount) dan Cara Menuju ke Candi Borobudur

Ulasan tentang kemegahan dan keeksotisan Candi Borobudur sudah sangat banyak dilakukan. Candi ini sebenarnya berada di wilayah Magelang, akan tetapi banyak orang yang mengira ada di Yogyakarta. Hal ini sangat beralasan karena pada umumnya Borobudur dijadikan satu dengan paket wisata candi-candi lain di Yogyakarta, semacam Prambanan, Boko, dan sebagainya.

News pic(48) (foto: amwtour.com)

Seputar Candi Borobudur:

  • Termasuk Candi Budha yang memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha. Dibangun oleh Raja Samaratungga (Kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra) yang dibantu rakyatnya. Borobudur berarti gunung yang berteras-teras (budhara), sementara sebagian lainnya mengatakan Borobudur berarti biara di tempat tinggi.
  • Bentuknya punden berundak 10 tingkat dengan tingginya 42 meter (setelah direnovasi menjadi 34,5 meter)
  • Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Bagian dasar adalah Kamadhatu (perlambang manusia yang masih terikat nafsu), diatasnya bernama Rupadhatu (perlambang manusia yang telah membebaskan diri dari nafsu tetapi masih terikat rupa dan bentuk: terdiri dari empat tingkatan), Arupadhatu (manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk terdiri dari tiga tingkatan) dan yang teratas adalah Arupa (lambang nirwana tempat Budha berdiam).
  • Setiap tingkatan memiliki relief-relief indah yang menceritakankisah Ramayana, kondisi masyarakat saat itu seperti pertanian dan pelayaran).

1424172651_1358163730 (foto:bubblews.com)

Berbagai Fasilitas Wisata di Borobudur:
1. Sewa Sepeda
Jika anda ingin wisata sekaligu olahraga maka tidak ada salahnya jika berkeliling Borobudur dengan sepeda:
– Tarif sewa sepeda antara Rp 20.000-Rp.30..000 / 10 jam
– Tarif sewa sepeda di areal candi: Rp 10.000-Rp.20.000

2. Naik Andong
Jika tidak ingin cape-cape silakan menyewa andong yang tarifnya Rp 30.000 (untuk 4 orang sekali putaran).
3. Naik Kereta Kelinci (trackless train): Rp 5.000 / orang (sekali putaran)
4. Taman wisata yang sangat luas dan nyaman

Harga Tiket Candi Borobudur, Prambanan, Boko (per Maret 2014)
(HARGA TIKET HARI BIASA/LIBUR NASIONAL/SABTU & MINGGU)

Wisatawan Domestik/Nusantara
A.Umum (Umur 6 Tahun Keatas per Orang)
•    Candi Borobudur   : Rp. 30.000,-
•    Candi Prambanan  : Rp. 30.000,-
•    Ratu Boko                : Rp. 25.000,-

B.Anak-anak (Umur Dibawah 6 Tahun) & Rombongan Pelajar/Mahasiswa
•    Candi Borobudur   : Rp. 12.500,-
•    Candi Prambanan  : Rp. 12.500,-
•    Ratu Boko                : Rp. 10.000,-

* Per orang untuk setiap kali masuk dengan jumlah anggota rombongan
minimal 20 (dua puluh) orang bagi rombongan Pelajar atau Mahasiswa

WISATWAN ASING
A.Umum (Umur 6 Tahun Keatas per Orang)
•    Candi Borobudur   : Rp. 190.000,-
•    Candi Prambanan  : Rp. 171.000,-
•    Ratu Boko                : Rp. 123.500,-

B.Anak-anak Wisman (Umur dibawah 6 Tahun)
•    Candi Borobudur   : Rp. 95.000,-
•    Candi Prambanan  : Rp. 85.000,-
•    Ratu Boko                : Rp. 66.500,-    

p1560461 (foto:kampungmanisku.wordpress.com)

Transportasi ke Borobudur
1.Kendaraan umum
Dari Yogyakarta (paling mudah berangkat dari terminal Giwangan atau terminal Jombor) sehingga disarankan anda menuju ke salah satu dari dua terminal tersebu. Kemudian naik bus jurusan Yogyakarta – Borobudur (kurang lebih Rp.10.000). anda bisa menggunakan jasa bus yang cukup banyak mulai jam enam hingga 17.00
2. Kendaraan Pribadi
Dari Yogya silakan menuju ke jalan magelang, setelah sampai di pertigaan jalan ke borobudur belok kiri dan ikuti petunjuk arah. Atau anda bisa juga menggunakan jasa sewa mobil.

Tiket Rombongan diskon:
1. Pelayanan Dispensasi

·Umum: Diskon 10% untuk jumlah rombongan minimal 30 orang. Diskon bukan berupa potongan harga, melainkan berupa voucher tiket masuk gratis.
·Pelajar:Diskon 10% untuk jumlah rombongan minimal 20 orang.

2. Syarat-syarat untuk mendapatkan dispensasi/keringanan biaya
a.Pelajar  (Sekolah, Lembaga Pendidikan, Pondok Pesantren, TPA, Lembaga Kursus, LPK & sejenisnya)

1. Mengajukan Surat Permohonan Dispensasi yang ditujukan kepada Kepala Unit Taman Wisata Candi yang akan dituju (Borobudur, Prambanan atau Ratu Boko), oleh Kepala Sekolah dan diberi stempel sekolahan yang bersangkutan.
2. Mencantumkan hari dan tanggal kunjungan serta jumlah siswa & guru/pendamping.
3. Jumlah pelajar minimal 20 orang, guru yang mendapat bebas bea masuk hanya 10% dari jumlah siswa, selebihnya membeli tiket pelajar.

2.Umum
1. Mengajukan Surat Permohonan Dispensasi yang ditujukan kepada Kepala Unit Taman Wisata Candi (Borobudur, Prambanan atau Ratu Boko) oleh ketua rombongan dan diberi stempel yang bersangkutan.
2. Mencantumkan hari dan tanggal kunjungan serta jumlah rombongan.
3. Untuk umum peserta minimal 30 orang, dispensasi sebesar 10% dari jumlah rombongan, selebihnya tiket umum. Dispensasi berupa pengurangan tiket bukan uang.


Hotel terdekat

Hotel near/dekat Candi Borobudur
Hotel Murah dekat Borobudur

Setelah puas di candi Borobudur, saya sarankan anda mengunjungi:
1. Candi Prambanan, Istana Ratu Boko
2. Melepas penat di Kaliurang
3. Menikmati kuliner laut di Pantai Depok
4. Wisata memetik salak Pondoh dari pohonnya langsung

diolah dari berbagai sumber, salah satunya yogyes.com

This entry was posted in Budaya, Candi. Bookmark the permalink.

181 Responses to Harga Tiket (& discount) dan Cara Menuju ke Candi Borobudur

  1. yanto says:

    Min mau tanya, saya mau mengunjungi yogyakarta tgl 21 pagi smpe sana, ingin mengunjungi, prambanan dan borobudur, perkiraan cukup kah waktu sehari sedangkan tgl 22 saya harus plg ke tangerang melalui stasiun tugu, adakah referensi penginapan murah untuk 5 orang. Terima kasih

  2. wisata jogja says:

    borobudur memang hebat peninggalan nenek moyang

  3. Siti Hasanah says:

    Min mau tnya donk saya berniat mau liburan ke yogya mengunjungi candi prambanan dan borobudur.Saya dr bogor naik kereta trun dmana.Dan stlah sampai yogya trun di stasiun apa??

    • admin says:

      turun di Tugu. trus jalan kaki ke jalan maloboro lalu naik trans jogja turun prambanan.
      dari prambanan ke borobudur: naik bus jogja – solo turun di terminal giwangan, trus naik bus jurusan borobudur

  4. ve says:

    Min,numpang tanya donk.. 1st trip nih.
    Enakan kemana dulu ya yg searah utk rencana ke kraton,prambanan,parangkritis,borobudur,bukit bintang,bringharjo,kota gede & pastinya malioboro. Klo bisa sih mau ke petik salak pondoh. Naik kendaraan umum. Tiba jumat pagi di st.lempuyangan dan balik minggu paginya. Hotelnya di jl.dr sutomo, dekat st.lempuyangan. Thx

    • admin says:

      dari lempuyangan langsung aja ke prambanan, trus kraton, parangkritis, bukit bintang (utk ke bukit bintang sebaiknya nyewa kendaraan)
      hari 2: pagi2 ke borobudur,bringharjo,malioboro, taman pintar, benteng vredebur, dan kota gede
      malam bisa ke taman pelangi dan KM 0

  5. RIDWAN says:

    Permisi min… saya dari LOMBOK sekarang berada di UGM
    saya mau nanya, harga tiket ke brobudur dan prambanan brapa ya untuk orang dewasa ?
    trus klo mau kesana, ukuran mahasiswa pakai apa ya yang bisa menghemat budget ? klo misalkan pakai bus, saya naik bus dimana ? mohon bantuannya min

  6. Merita says:

    Min aku mau tanya, aku dari Jakarta aku stay di hotel ibis Malioboro. Aku mau berkunjung ke Borobudur untuk melihat sunrice . Bagaimana cara nya agar bisa berkunjung ke Borobudur sebelum jam 6:00 min tanpa ikut paket tour bisa? Makasih ya min

  7. dwi widyastuti says:

    min mau tanya kalo dari kebumen mau ke candi borobudur pake angkutan umum gimana caranya ?

  8. Adi says:

    Min,,, kalo dari jogja menuju ke borobudur butuh brapa jam? Trus hotel sekitar malioboro kisaran harga brapa?

    • admin says:

      pake kendaraan pribadi sktr 1 jam, kendaraan umum 2 jam an. mulai dari 50 – jutaan rupiah ada. silakan search di web ini ttg hotel murah

  9. Pingback: Segala hal berkaitan dengan CANDI BOROBUDUR

  10. Moh. Solechan KKMI AliPo Kebumen says:

    Pelaksanaan 29 Oktober 2014

  11. Moh. Solechan KKMI AliPo Kebumen says:

    Ass. mau nanya nich kami rombongan KKMI AliPo Kebumen Jawa Tengah (9 MI atau 9 Bis) berencana ke Borobudur, Gembira Loka, Monjali dan Dirgantara, mohon info tiket masing2 dan teknik untuk dapat diskon surat permohonan diberikan saat hari H bisa gak? mksh wass.

    • admin says:

      Maaf kami bukan pengelola obyek wisatanya. silakan hubungi pengelola resminya, pada masing2 obyek wisata. semua alamat ada di web ini

  12. Ningsih says:

    Admin mau tanya yak kalau dari surabaya ke obyek wisata di jogja dan sekitarnya selama 2 hari tanggal ( 25-26 Oktober ) enaknya kemana dulu ya…tujuannya sie kepingin ke Malioboro,Borobudur,parang tritis,goa jatijajar dan rencana menginap di salatiga.Oh ya saya berangkat tengah malam dari surabaya tgl.24
    thanks ya…mohon rutenya yang cepat isa pulang tanggal 26 sore….

  13. anggi says:

    min… jika menggunakan bis.. apakah ada harga tiket masuk untuk bis?? jika ada berapa??

  14. fita says:

    min, mau tanya..klo saya dr pool joglosemar yg di jl. raya magelang mau menuju ke stasiun tugu, akses kendaraan umum paling cepat dan murah apa ya? soalnya saya mau kejar jdwl kereta mlm ke bdg min.
    mohon dibantu info ya min…

    terima kasih & salam,
    fita.

  15. Shiyamul Mubarok says:

    Asslmkm min sory mau minta saran nih.. sy rencana mau ke joga dengan perjalanan kreta malam, nyampe stasiun lempuyangan sekitar jam 7 pagi. Enaknya rute jalan2nya kemana dulu yah? Rencana 2 hari. Sabtu pagi sy balik ke jakarta. Sy berdua bareng istri.

    • admin says:

      tidak usah keluar stasiun tapi langsung aja ke prambanan caranya: naik kereta sriwedari atau madiun jaya atau prameks turun di Bandara trus naik trans jogja turun di Halte prambanan. setelah puas di prambanan langsung aja ke Malioboro sekalian nyari hotel, caranya naik trans jogja turun di halte Malioboro.
      slamat berlibur

      • Shiyamul Mubarok says:

        Rencana pengennya sih ke borobudur atau ke pantai jg kalo sempet. kalau naik kendaraan umum berapa lama yah? kalo dari lempuyangan atau mending naik travel kali yah? mohon infonya kalo ada rekomen travel yg murah. Thanks y.

  16. yayan says:

    Admin… tolong dong… kalau dari wates k borobudur.. gmna untuk angkutn umum naik apa… ?????
    Terimakasih admin

  17. sri restuti says:

    maaf mau tanya tgl 31 okt ini aq dan kel rencana mau keyogya, aq tinggal di losmen dijl.gedong kiwo mj1/784 rencana nya aq mau ke borobudur, parangkritis+malioboro kendaraan yg mudah untuk kesana apa y. makasih

    • admin says:

      Silakan jalan ke jalan bantul. trus kalo mau ke Borobudur: naik bus jurusan Tempel turun di termnal Jombor lalu naik bus jurusan Borobudur.
      Dari borobudur ke Parangtritis: naik bus jurusan Jogja: turun di ringroad jalan Parangtritis trus nybrang lalu naik bus jurusan Parangtritis.
      Parangtritis – Malioboro: naik bus jurusan Parangtritis-Yogya turun di term Giwangan lalu naik trans Jogja turun di Malioboro

  18. oci says:

    Dari Ampelas mau candi borobudur gimana ya caranya ???

  19. yudha says:

    saya mau ke yogya mohon info dari stasiun lempuyangan ke borobudur itu naik apa ya,kalau pakai travel berapa kira2 dan no tlp nya saya minta om admin,mf sekalian sama hotel yg budgetnya 300 sudah pakai AC di daerah borobudur

    terimakasih

  20. surya says:

    dari stasiun tugu ke jombor berapa menit min naik transjogja?

  21. astari says:

    min untuk bulan agustus 2014 ,,harga tiket masuk wisata candi borobudur dan prambanan berapa ?n
    tgl 15 besok saya akan berkunjung ke candi borobudur dan prambanan ,,,untuk surat dispensasi cukup 1 lembar apa harus 2 surat ? terima kasih

  22. astari says:

    selamat siang min….. mau tanya nie ,,saya rombongan mahasiswa dari kota serang surat pengajuan dispensasi itu bisa di tunjukan pada hari H tidak ?

  23. ayyash says:

    maaf mau tanya…kalau dari stasiun tugu mau ke terminal jombor rutenya naik apa ya? terimakasih

    • admin says:

      jalan kaki ki malioboro tru naik jalur 4 turun i perempatan kantor pos, nyebrang lalu naik bus jalur 12 turun di perempatan wirobrajan lalu naik bus jurusan tempel turun di terminal jombor (ini jalu paling cepat) tapi kalau ga buru buru dari tugu naik trans jogja turun di jombor (jalannya cukup lama)

  24. Ria Christiani says:

    Admin, kalo dr semarang brangkat pagi mo ke borobudur dlm waktu sehari.. Kita brangkat dr semarang naek bus turunnya dmana.. Mohon informasiny..

  25. Intan Puspasari says:

    Permisi min. Saya mau nanya. jika satu hari dihabiskan ke candi borobudur, ratu boko, sama prambanan bisa kan min? Transportasi alternatif kendaraan umum dan jalur-jalur nya gimana ya min? mohon bantuannya :) Terimakasih.

  26. boy surabaya says:

    Setelah nyimak komen” diatas saya berencana menggunakan jasa travel agen.. tolong info (noHP / situs) agen travel borobudur-parangritis

  27. syifa rahma says:

    rencananya saga besok mau ke jogja ber 4 nyampe lempuyangan kira2 jam 2 siang, saya mau mencari hotel yang murah tolong recommendasikan lalu setelah saya taruh barang di hotel saya berencana ke parangtritis, candi borobudur, gunung kidul, malioboro, kira2 saya 4 hari disana menurut admin saya naik transport umum saja atau menyewa mobil ya? jika naik transport umum lalu rute dr hotel yg di recommendasikan boleh diberi tahu. terima kasih

  28. Ignatius Arry says:

    Haii min.. aku akhir tahun ini mau liburan ke Jogja, tujuannya sih Borobudur, Prambanan, Parangtritis, dan Malioboro, tapi aku bingung min, berapa budget yg harus dipersiapkan (dan dibawa), aku paling cuma berdua doang, soalnya 2 tahun ini akhir aku di Indonesia min.. (Aku mau settled ke Filipina) makanya aku mau habiskan masa² di Indonesia dgn trip².. Info budget yg harus dibawa ya min! Aku cuma 2 atau 3 hari doang min.. Biar aku bisa hitung² dari sekarang… Thanks :) greetz..

    • admin says:

      Tiket:
      tiket masuk borobudur dan Prambanan 2 orang Rp.120.000
      Parangtritis 2 orang Rp.10.000
      Maliboro: Gratis
      Total tiket:Rp. 130.000
      Sewa Mobil per hari Rp.350.000

      makan (sekali makan) harga rumah makan biasa Rp.15.000-20.000
      Hotel mulai 100.000 sampe jutaan tersedia
      Semoga membantu

  29. yanti says:

    min mo nax agent travel tuk ke borobudur dmna y?
    Trus mendingan naik mtor kcna to naik agent travel

  30. kurnia wati says:

    Malam min
    Rencana.a saya tgl 24-26 desember ini mau ke kjogja dan tiba dsana jam 06.00 tgl 25, karena saya naik kereta, rencana.a saya nginap di hotel bhineka. Untuk transport umum ke candi borobudur, parang tritis. Klw bsa sie pke jasa travel biar gak repot saya cuma ber3.tolong info ya min!

  31. Adi ahmad says:

    Halo min,kalo paginya ke borobudur trus siang nya ke parangtritis oke ga min?trus dri borobudur ke parangtritis gimana ya caranya?ada transport yg enak ga,trus dr parang tritis balik lg ke yogya (malioboro) gimana?
    Thanks b4

    • admin says:

      Bisa banget dari borobudur ke parangtritis: naik bus jurusan Borobudur turun di Ringroad Selatan (perempatan jalan Parangtritis) trus naik bus jurusan Parangtritis turun di parangtritis.
      Parngttis-Malioboro: Naik bus jurusan Jogja-Parangtritis turun di terminal Giwangan lalu naik bus jalur 4 atau trans jogja turun di Malioboro

  32. AMINUDIN says:

    Minta
    tolong rencana kami ber-4 dari jakarta mau jalan-jalan ke jogya ada
    waktu 2 hari
    (jumat 06/06/14 pagi pkl.06.00 tiba di stasiun jogja, dan minggu08/06/14
    pagi pulang ke jakarta) enaknya rute yg pas kemana dulu y? yang penting
    adalah wisata terakhir di mallioborro.
    (tujuan utama candi borobudur, prambanan, parangtritis, mallioborro dll)
    dan tolong diinfo jalur serta tarif transport serta hotel standart
    malam ke-1 dan malam ke-2)
    terimakasih

  33. AMINUDIN says:

    Minta tolong rencana kami ber-4 dari jakarta mau jalan-jalan ke jogya ada
    waktu 2 hari
    (jumat 06/06/14 pagi pkl.06.00 tiba di stasiun jogja, dan minggu08/06/14
    pagi pulang ke jakarta) enaknya rute yg pas kemana dulu y? yang penting
    adalah wisata terakhir di mallioborro.
    (tujuan utama candi borobudur, prambanan, parangtritis, mallioborro dll)
    dan tolong diinfo jalur serta tarif transport serta hotel standart
    malam ke-1 dan malam ke-2)
    terimakasih

  34. mai says:

    saya asli philipina tapi sudah WNI. bulan desember keluarga dari philipina akan datang & rencananya mau tour di jogja termasuk candi borobudur & prambanan. pertanyaan saya pas beli tiket apakah di cek satu2 orang indonesia atau asing? apakah diminta identitas diri untuk memastikan? apakah kalo saya aja yg beli utk semua berhubung sy WNI jadi tarif sama utk semua? sy tunggu jawabanya biar bisa dipersiapkan budget yg sesuai. terima kasih.

    • admin says:

      biasanya akan di cek satu persatu, dan petugas otomatis akan mengenali anda dan keluarga sebagai Warga asing. untuk menyakinkan petugas anda bisa menunjukkan identitas sehingga anda bayar tarif WNI sedang keluarga anda akan dikenakan tarif warga asing.

      selamat berkunjung ke Indonesia

  35. SDN DOMAS says:

    Kami dari SDN Domas Kec. Trowulan Kab. Mojokerto Prop. Jatim, akan mengadakan karya wisata ke Candi Borobudur pada tanggal 31 Mei 2014. Jika ingin dapat Dispensasi, adakah format suratnya dan alamat pengirimannya? Terima kasih

    • admin says:

      silakan langsung dihubungi ke pengelola resminya pak/bu. alamat ada pada bagian postingan di atas

  36. mariani says:

    sy berencana akan honeymoon di jogja. dgn suami brgkt kamis sore 15mei ini. untuk bisa sampe di jogja dgn save, dari surabaya kami harus naik kreta apa dan turun di stasiun mana? agar kami bisa mendapatkan penginapan yg murah dan recommended di sekitaran malioboro.
    juga tolong infony utk bisa booking penginapan murah tersebut.
    just info, kami berencana kembali ke surabaya minggu 18mei.
    bisa sekalian tips dan tahapan rencana rekreasi agar bisa nyaman berwisata di jogja, bisa diemail
    trims sbelumnya admin..

    • admin says:

      1. Silakan naik kereta yang turunnya di stasiun TUGU Yogya (biasanya yang bisnis dan atau eksekutif).
      2. Hotel di sekitar malioboro sangat buanyakkkkkkk dan banyak pilihan,:
      hotel sekitar malioboro
      hotel sekitar stasiun tugu
      3. Jumat : check in hotel trus ke Borobudur, Ketep pass, parangtritis, malamnya ke taman pelangi.
      Sabtu : Wisata kota: kraton, tamansari, museum eye 3 D, rumah makan raminten, kalau mau bisa ke Gembiraloka, belanja batik di pasar beringharjo. Malamnya menikmati malam di sepanjang Malioboro dan titik NOL

      Minggu: pulang

  37. Andy says:

    Klo dari malioboro ke parangtritis di lanjutkan ke borobudur naik apa ya min sekalian transportnya brp2.. mksh…

    • admin says:

      Malioboro parangtritis: naik bus jalur 4 turun di Giwangan (2500) trus naik bus jurusan parangtritis (sktr 7 rb) turun di parangtritis.
      Ke borobudur: naik bus jurusan Parangtritis-Jogja (sktr 7rb), turun di ringroad (lalu naik bus jurusan Borobudur (sktr 10 rb) turun di boroubudr

  38. noviensa says:

    tgl 27 sampai 29 mei saya dan 3 org adik akan ke jogja. rencananya mau ke goa pindul. kami menginap di kawasan malioboro. pertanyaan saya klo naik angkutan umum sampai ke goa pindul dari malioboro naik apa dan kira2 perjalanannya brp lama?apa ada recomen travel yg murah untuk ke obyek wisata itu?

  39. Budi wahyono says:

    assalamualaikum admin… toko/distro batik dan pernak pernik ukiran dari keramik dan dari kayu di malioboro toko apa yang paling bagus min… mohon referensinya, trim.s

    • admin says:

      kalau batik yang asli banyak ada Danar Hadi, batik keris, adi ningrat bagus-bagus. kalau ukiran kayu….kayaknya sama aja.

  40. awan gunawan wardani says:

    min kalo dari malioboro ke borobudur naik apa ya ??????
    thx min

    • admin says:

      Yang paling cepet: silakan naik bus kota jalur 4 turun di kantor pos besar (sktr 5 menit), nyebrang naik bus jalur 12 trun di perempatan wirobrajan (sktr 5 menit), naik bus jurusan jogja – tempel turun terminal jombor (sktr 15 menit), naik bus jurusan Jogja – Borobudur (turun di lokasi wisata, sekitar 1 jam)

  41. lisdi says:

    mau tanya donk klo mau liburan sehari, pulang pergi dari cirebon yogya, wisata tujuan candi borobudur, kraton, malioboro, pantai parangtritis enaknya arahnya dari mana dulu??
    terimakasih

    • admin says:

      dari cirebon langsung aja ke Borobudur (buka jam 6-18.00), maksimal jam 10 langsung ke Kraton (tutup jam 14.00), malioboro (sekalian belanja), parangtritis (menikmati sunset)

  42. vina says:

    permisi min, mw tanya tgl. 1-5 mei nnti sy dan keluarga mw ke jgja, sy mw tanya kl dalam wktu sehari sy pergi ke tempat wisata candi borobudur,parangtritis,padang pasir,pantai indriyani itu kira2 keuber ga min, sy kesananya menggunakan mobil travel.

    thx min

    • admin says:

      kayaknya kalau sehari sangat berat, cuma dapet capek aja ga bisa menikmati wisata ….karena borobudur – parangtrits – indrayanti jaraknya berjauhan. tapi kalo maksa bisa sih… startnya harus pagi-pagi banget dan pulangnya malam

      jam 5 menuju borobudur sampe di sana sekitar jam 7.00. keliling 2 jam (sampe jam 09) lalu ke parangtritis sekitar 2 jam (sampai jam 11) main-main 2 jam (sampai jam 13) lalu ke indrayanti sekitar 2,5 jam perjalaman (sampai 15.30) main selama 2 jam (msampai jam 17.30) dan pulang…catatan ini belum diitung istirahat dll.

      mangga

  43. sri endang sulastri says:

    Kalo pakai jasa travel bgaimana hubunginya, aku ada rencana dari parangtritis mau ke borobudur, kebetulan ada teman tinggal di parangtritis

    • admin says:

      Mangga yang punya usaha jasa Travel..ini ada yang membutuhkan. kebetulan sy bukan pengusaha travel

      • mai says:

        Rencana tgl 25 mei mau ke yogja naik KA dri sby – trun st. Lempuyangan. Setelah itu mau langsung ke parangtritis kendaraan umum.sekalian cari penginapan Di lanjut tgl 26 pagi dri parangtritis ke borobudur. Setelah siangan lanjut kembali ke malioboro. Yg sya tanya kan. Kendaraan umum dri lempuyangan – parangtritis – borobudur- malioboro brp juga tarifnya. Tolong di beri saran..

        • admin says:

          Lempuyangan – Parangtritis: silakan jalan ke arah timur (flyover) lalu naik trans jogja (3000) turun di termnl Giwangan, lalu naik bus jurusan jogja-Parangtritis (Sktr 10 rb udah tmsk tiket masuk).

          Dari Parangtritis ke Borobudur: naik bus jurusan Jogja (turun di ringroad) lalu naik bus jurusan Borobudur (sekitar 10 ribu) turun di borobudur

  44. Jelly gamat says:

    Liburan nyepi kemarin saya (bersama istri dan seorang anak 11 tahun) berwisata ke yogya. nginap di hotel area prawirotaman.

    Di sini banyak travel agent yang melayani transportasi ke borobudur dengan tarif sbb:
    * borobudur+mendut+pawon : 70.000 / org. kalau plus sarapan nambah 10rb jadi 80.000 / org
    dijemput jam 4.45 pagi, lama trip sktr 5 jam

    * borobudur+mendut+pawon+prambanan : 80.000 / org. plus sarapan nambah 10rb jadi 90.000 / org
    dijemput jam 4.45 pagi, lama trip sktr 8 jam.

    Pake mobil avanza/inova ber-AC.

    menurut saya, itu jauh lebih praktis dan nyaman daripada naik bis umum cemara tunggal. hitungannya kalau naik bis umum:
    * bis PP (terminal giwangan-terminal borobudur): 20.000 x 2 = 40.000
    * becak dari hotel ke giwangan PP: 15.000 x 2 = 30.000. krn saya ber-3, maka 10.000 per org
    * dokar PP (terminal borobudur – candi): 15.000 x 2 = 30.000. krn sy ber-3, maka 10.000 per org

    jadi habisnya 60.000 per orang. pake bis yg panas, bising, dan lambat. mending 70.000 dong pake avanza/inova ber AC.

  45. widya says:

    Kalau dari kediri jawa timur ke candi
    borobudur pkai travel atau gmana?
    Ongkosnya brp?

    • admin says:

      travel dari kediri sy kurang tahu.
      kalo naik bus, silakan turun di terminal giwangan lalu naik bus jurusan borobudur

    • Jelly gamat says:

      Kalau dari kediri ke yogya naik bis umum kan banyak. transit dulu ke madiun, terus naik bis yg jurusan yogya. sebaiknya nginap di yogya , sekalian jalan2. tarif hotelnya macam2. mulai dari yg 100rb/malam s.d yang jutaan. Dari hotel bisa pesen jasa transportasi ke borobudur

      pengalaman saya nginap di area prawirotaman, banyak travel agent yg melayani transportasi ke borobudur dgn tarif sbb:

      * borobudur+mendut+pawon : 70.000 / org. kalau plus sarapan nambah 10rb jadi 80.000 / org
      dijemput jam 4.45 pagi, lama trip sktr 5 jam

      * borobudur+mendut+pawon+prambanan : 80.000 / org. plus sarapan nambah 10rb jadi 90.000 / org
      dijemput jam 4.45 pagi, lama trip sktr 8 jam.

      Pake mobil ber-AC.

      Itu lebih cepat, praktis dan nyaman drpd naik bis umum. tarifnya gak beda jauh. Apalagi kalau Anda ngajak anak kecil

  46. faisal wira says:

    assalamualaikum
    min mau tanya kalo turun dari stasiun lempuyangan terus mau ke borobudur naik transportasi apa ya yg agak murahan ? hehe

    terus dari borobudur – malioboro naik apalagi ?
    malioboro – parang tritis naik apalagi ?
    abis dari pantai mau beli oleh oleh dimana ya ?

    dalam jangka waktu 3 hari kesampain ga tuh min jalan jalan ke tempat tempat wisata tsb . makasih banyak min

    • admin says:

      Lempuyangan ke Borobudur: naik trans jogja turun di terminal Jombor lalu naik bus jurusan Yogya
      terus dari borobudur – malioboro naik us jurusan Yogya turun di terminal Jombor lalu naik trans jogja turun di Malioboro
      malioboro – parang tritis naik naik trans jogja turun di terminal giwangan lalu naik bus jurusan Parangtritis
      Oleh-oleh banyak: bisa di sekitar malioboro (bakpia dan cinderamata) atau di pasar beringharjo

    • Jelly gamat says:

      Dari lempuyangan mending istirahat dulu di hotel. malamnya bisa jalan2 di malioboro/beringharjo beli oleh2. murah2 di sini. gantungan kunci cuma 1rb-2rb per biji he he he. kaos sktr 15rb,

      besok paginya (jam 4.45) minta dijemput travel dg rute borobudur, mendut, pawon, prambanan. tarifnya gak beda jauh sama bis umum. tapi lebih nyaman dan cepat, apalagi kalau sampeyan ngajak anak kecil. di borobudur pas sampeyan keluar juga bakal disambut banyak pedagang souvenir. hrgnya murah2 juga. kurang lebih sama dg yg di malioboro.

      besoknya lagi baru jalan ke prangtritis. saya gak tau apa ada jasa travel yg melayani ke sana. tapi sampeyan bisa jalan (atau naik becak) ke jl. Brigjend katamso atau Jl. raya parangtritis, terus naik bis mini ke pantai. kalau gak salah tarifnya 15rb per orang. lama perjalanan sktr 1 jam.

  47. venda says:

    kalau pelajar tetapi tidak rombongan (hanya 4orang), apakah dapat harga pelajar atau harus bayar harga umum?

  48. khoirul says:

    Kalau dari surabaya ke candi borobudur pkai travel atau gmana? Ongkosnya brp?

    • admin says:

      dari surabaya: turun aja di stasiun giwangan yogya, trus naik bus jurusan borobudur. turun di terminal/pasar borobudur, jalan kaki bentar dah sampai borobudur

    • Jelly gamat says:

      saya juga dari sby mas. ke yogya paling enak naik KA. yang ekonomi AC cuma 50rb. murah dan cepat. sby-yogya bisa ditempuh dlam wkt 5 jam lebih dikit. tapi harus pesan dulu, kalau nggak, sampeyan gak kebagian tiket. turun stasiun , sebaiknya istirahat dulu di hotel. malamnya jalan2 ke malioboro.

      Pilihan lain dari sby ke yogya:
      * travel, tarifnya 125rb – 135rb
      * bis patas, kalau gak salah 70rb – 80rb.

      besok paginya baru jalan ke borobudur. kalau saya mending naik jasa travel. lebih nyaman dan cepat.
      tarifnya:
      * borobudur+mendut+pawon : 70.000 / org. kalau plus sarapan nambah 10rb jadi 80.000 / org
      dijemput jam 4.45 pagi, lama trip sktr 5 jam
      * borobudur+mendut+pawon+prambanan : 80.000 / org. plus sarapan nambah 10rb jadi 90.000 / org. dijemput jam 4.45 pagi, lama trip sktr 8 jam.

      Pake mobil ber-AC. Info jasa travel ini bisa sampeyan dapatkan di hotel2. saya dapat infonya di hotel di area prwirotaman.

      menurut saya, itu jauh lebih praktis dan nyaman daripada naik bis umum. hitungannya kalau naik bis umum:
      * bis PP (terminal giwangan-terminal borobudur): 20.000 x 2 = 40.000. kalau dari terminal jombor (jombor-borobudur PP): 15.000 x 2 = 30.000
      * becak PP (terminal borobudur – candi): 10.000 x 2 = 20.000.

      itu belum termasuk transport dari hotel ke terminal (naik trans jogja atau taksi atau becak)

  49. mimin says:

    tgl 26 februari aku mau ke jogja naik kereta turun di stasiun tugu malioborow nah mau ke borobudur itu naik bus apa ?
    abis ke borobudur niatnya mau ke parangtritis naikbus apa?

    abis dri stu balik lg ke malioborow..
    besoknya ke candi prambanan naik bus apa?

    mohon bantuannya terimakasih

    • admin says:

      Tugu – Borobudur: silakan jalan ke jalan malioboro trus naik jalur 4 turun di kantor pos, nyebrang lalu naik jalur 12/15 turun di perempatan wirobrajan, lalu naik bus jurusan jogja – tempel turun di terminal Jombor. lalu naik bus jurusan Borobudur.

      Borobudur – Parangtritis: naik bus jurusan Jogja. turun di ringroad perempatan jalan parangtritis. nyebrang lalu silakan tunggu di jalan parangtritis nanti ada banyak angkot dan bus ke arah parangtritis

      Parangtritis – malioboro: naik bus jurusan Parangtritis – Jogja, turun di teminal giwangan, lalu naik bus jalur 4 atau 2 atau trans jogja.
      Malioboro – Prambanan: naik trans joga turun di Halte prambanan

  50. pungky riyanto says:

    saya mau tanya kalo membeli tiket di jakarta emang bisa?
    kalo bisa dimana ya, alamat sama no tlfnya saya minta info nya trimakasih.

  51. eko widodo surabaya says:

    hallo min,
    aku rencana mau wisata ke yogya dengan rombongan 1 bis tgl 11 jan 2014, di mulai dari parangtritis, borobudur, malioboro. Aku minta kira2 berapa jam jarak antara wisata tsb, aku berangkat dr sby jam 9 malam trus besoknya jam 8 malam hrs pulang, kira2 di kasih waktu berapa jam ya antara wisata yg 1 ke yg lain?

    • admin says:

      Saya sarankan (dengan asumsi makan di bus): ke Borobudur (jam 8 -10), trus ke Malioboro (12-14), trus ke Parangtritis menikamati sunset (jam 16-selesai)

  52. Yan says:

    Kalau mau wisata borobudur pagi hari (sunrise) enaknya dari hotel atau losmen murah mana?
    Thanks

  53. erdi says:

    mau pesan ticket gmana gan ???

  54. Achyar says:

    Slmlkm,,
    numpang nanya min.. tiket masuk candi borobudur utk liburan sekolah thn dpn (2014) kira2 naik ga ya…
    mkash.

    • admin says:

      waalaikum salam
      Biasanya tidak naik. tapi untuk jelasnya silakan dihubungi pengelola resminya. silakan dibuka linknya untuk melihat pengelola resminya

  55. wisatawan says:

    I’m sure every one of the basics you might have supplied on the article. They may be definitely genuine and can surely work. Continue to, this articles are extremely quick first off. Might you desire prolong these a little bit from subsequent period? Thanks for the actual publish.

  56. Adelia says:

    halo, saya mau tanya. menurut admin pakai bis yang dari jombor itu termasuknya nyaman ga? trus kalo udah naik bakal turunnya dimananya ya? jauh dari borobudurnya? trus kalo mo balik ke jogjanya naik apa dan di mana?

    • admin says:

      dari jombor ke borobudur ada cukup banyak, bisnya cukup nyaman: ada bus Cemara TUnggal, Ragil Kuning, dll. turunnya di terminal borobudur. dan jalan kaki sekitar 300 an meter

  57. Nung Elin says:

    Assslmkm, min…head office candi borobudur itu yang di dalam lokasi candi prambanan kan?

  58. dani says:

    bisa minta ni hp yang dapat di hubungi?

  59. dani says:

    min, surat permohonan dispensasinya bisa pda wkt hari H gak??

    • admin says:

      kayaknya bisa, tapi coba untuk lebih jelasnya hubungi langsung pengelolanya

      • anggaria dari jepara says:

        min mau tanya,.,. besok tanggal 5 agustus temen” mau reoni ke borobudur,.. ada orang seiktar 60 orang,., pembayaranya kira” berapa,.,.1 orang berapa,., ada doscoun nya nggak,.,., tplong kasih tau,..,.

  60. manshur says:

    min…haraga tiket masuk ke wisata jogja 2014 naik ndak ? smpe brpa persen?
    terus parkir untuk bus pariwisata kapasitas 30 org (tanggung)

  61. chinkeyez says:

    min mau tanya ntu dari terminal borobudur yambung lagi engga untuk ke candi nya?? mksi

  62. Radea says:

    Min, apa ada tiket terusan untuk wisata ke candi prambanan dan borobudur? Berapa harganya? Dan apa ada angkutan umum dari borobudur ke prambanan? Terima kasih.

  63. madit says:

    admin,kalo bus dari terminal jombor (jogya-borobudur) terakhir berhenti sampai pintu masuk borobudur. terimakasih

  64. sri hastuti says:

    kami dr sd kaliwungu…klirong kebumen…rencana mau mengadakan wisata pelajar tgl 26 okt 2013…harga tiket berapa dan dispensasi pa bs dikirim via pos?

  65. Arie depo says:

    Renc kami dari Tegal akan mengadakan piknik warga se-RT ke Borobudur.Mhn bantuan infonya, ada ga area diseputaran kota Magelang yg bisa digunakan transit u/rest area (ishoma), sblm romb kami brkt ke Borobudur..krn kemungkinan romb kami sampai di magelang dini hari (sblm Shubuh)..sblmnya tks atas infonya..

    • admin says:

      silakan istirahat di kota kabupaten/kompleks kantor bupati kabupaten magelang, disana ada masjid dan areal parkir luas dekat dengan alun-alun dan POM Bensin, kalo untuk sarapan insyllah sekitar jam enam ada warung yang sudah buka di sekitar pom bensin.
      Sebelum ke candi borbudur, sambil menunggu warung makan buka, anda bersama rombongan bisa jalan kaki untuk menikmati candi Mendut (sekitar 400 meter dari masjid)

  66. faisal says:

    Mau tanya… Klo dari malioboro mau ke borobudur naik apa?

    Trs klo misalkan dari Bandara ke Borobudurnya naik apa?

    • admin says:

      dari malioboro ke Borobudur: naik trans jogja turun di terminal Jombor: lalu naik bus jurusan Jgja-Borobudur

    • admin says:

      dari bandara – borobudur: keluar lewat pintu bawah tanah: lalu naik bus trans jogja turun di terminal jombor. trus naik bus jurusan Jogja -Borobudur

  67. wahyu says:

    mau tanya..
    kalo rombongan bimbel sekitar 30 orang ke borobudur dpt diskon g?

  68. vini says:

    min,mau tanya tarif bus trans yogya yg mau ke borobudur dr stasiun lempuyangan brp ya?

    • admin says:

      dari lempuyangan ke Borobudur:
      1. Trans Jogja (turun di terminal Jombor) Rp.3000, lalu
      2. Naik bus jurusan Jogja Borobudur: sekitar Rp.10.000

  69. wahyu candra says:

    pa kalo harga tuk tahun 2013 apa masih sama Rp 30000 tuk orang dewasa?

  70. iwan says:

    numpang nanya donk…
    klo ngompreng dr jkarta k borobudur naek ap ya???
    trus ad warga yg buka penginapan ga ya???

    • admin says:

      Silakan naik kereta ekonomi jurusan Jogja lalu turun di stasiun lempuyangan. dari lempuyangan silakan naik bus trans jogja turun di terminal Jombor, lalu naik bus tanggung jurusan Borobudur

      di sekitar Borobudur banyak penginapan murah:
      salah satunya adalah:
      1. LOTUS 1 GUEST HOUSE AND RESTAURANT (tarif mulai Rp.70 rb per malam)
      Alamat: Jl. Medang Kamolan 2 Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
      Phone: (0293) 788 281

      2. HOTEL BHUMI SAMBHARA (tarif mulai Rp.50.000)
      Alamat: Jl. Badrawati, Gang Musholla, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
      Phone: (0293) 788 205

  71. maya says:

    Mauu tanya dong min,untuk hati rabu tgl 7 msh buka ngga?n klo habis hari raya id fitri mulay bka hati apa?

    • admin says:

      kayaknya buka terus, untuk jelasnya silakan tanya langsung ke pengelolanya alamatnya ada dibagian lain di comment ini.
      salam. selamat liburan

  72. kiki says:

    saya dari bogor mau tanya, apakah ad jasa travel dr bogor untuk 2org?

  73. kelly says:

    Dear admin…
    Mao nanya doong,kl tgl 1 januari borobudur buka gk?!trs dr airport ke candi brp lm yaa prjlnan,udh bgs nya pke rental mobil atw blue bird?!slny kita PP aja…tq

    • admin says:

      tgl 1 januari biasanya buka, dari airport ke Borobudur kalau lancar sekitar 2,5 jam. sewa mobil di Yogya aja banyak. harga pehari sekitar 300 – 500rb. sebaiknya ambil penerbangan paling pagi.

      ada rental yang bisa dijadikan alternatif: silakan hubungi Jefri 081 215 533 55

  74. Cindy Aulia P says:

    min , mau nanya dong . misalnya ada rombongan pelajar tapi pelajar ini sekolahnya di SMA yang berbeda tapi mereka dari alumni SMP yang sama . jadi rombongan ini bisa dapetin tiket pelajar ngga ? klo bisa rombongan ini mengatas namakan sekolah mana ? harap bantu ya min :)

    • admin says:

      kayaknya tidak boleh, disamping itu nanti kalau mau buat surat ijin dari sekolah pasti kepala sekolah akan menanyakan siapa saja rombongan itu.

      Namun lebih baik silakan langsung kontak ke pengelolanya.
      Alamat ada di kolom komentar sebelumnya. selamat berlibur

  75. tama_mami says:

    wisata candi borobudur kata’y dibeli pihak asing,benar gak sih?

  76. syifa says:

    pengajuan dispensasi dikirim lewat email atau di antar sebelum hari H, atau bagaimana jelaskan???

    jika sekolah kami datang tanpa surat pengajuan dispensasi,bagaimana harga tiketnya???

  77. Tony Qyur says:

    dari 30 org mendapatkan diskon 10%, berapa voucher tiket gratis yg akan d terima panitia,untuk permohonan dispensasi bisa ngga dlakukan secara mendadak jika rombongan sudah nyampe borobudur

    • admin says:

      diskon bukan berupa tiket gratis ttp pemotongan biaya, untuk lebih jelasnya silakan menghubungi pengelolanya.

  78. mgy says:

    Apa pelajar perorangan (bukan rombongan) mendapatkan harga pelajar?

  79. wahyu says:

    tiket masuk candi borobudur apa ada diakon untuk .brapa orang

    • admin says:

      silakan dibaca comment di atas yang sudah saya jelaskan. makasih

      • cecep says:

        kami panitia observasi / study tour dari MTs Ma al-mursalin kabupaten tasikmalaya provinsi jawa barat ingin mengunjungi candi borobudur dengan jumlah siswa 134 dan 40 orang pembimbing oleh karena itu kami bingung untuk mengirimkan informasi sebagai bahan pertimbangan dari pihak borobudur.

        • admin says:

          di daerah wirobrajan ada banyak hotel, wilayah wiobajan sangat mudah aksesnya ke pusat-pusat wisata Kraton, malioboro, benteng vredeburg, dll

          1. Andika: Jl. Kapten P. Tendean 6 Wirobrajan, Yogyakarta 55252, Indonesia
          Phone: (0274) 375 330
          2. Hotel NIDYA: Jl. Kapten P. Tendean 54 Wirobrajan, Yogyakarta 55252, Indonesia
          Phone: (0274) 377 458

          3. Hotel Nataputra Memiliki 67 kamar dengan kapasitas 150 orang. Halaman parkir luas, minimarket, ATM,
          bahkan tempat membuat tato tubuh.
          Tarif Kamar

          Kamar AC, TV, 1 bed/ 2 bed Rp 220.000;
          Kamar AC, TV, 3 bed Rp 275.000;
          Kamar AC Rp 165.000;
          Economy Standard ( fan, 4 bed ) Rp 110.000;
          Economy kecil ( fan, 1 bed/ 2 bed ) Rp 99.000;
          Economy besar ( fan, 5 bed ) Rp 176.000;

          Extra bed Rp 55.000;
          * Harga dapat berubah sewaktu-waktu
          Info Kontak: Jl. RE. Martadinata No. 114, Yogyakarta Telp. 0274 – 618127

          atau silakan seach:
          http://www.agoda.com/id-id/city/yogyakarta-id.html?cid=1602320&setcookienew=1

  80. Nuzul says:

    Maaf.. untuk ke Candi Borobudur kalo untuk pelajar.. harus memakai seragam atau gimana??
    *mohon bantuannya

    • admin says:

      Pelayanan Dispensasi
      ·Umum: Diskon 10% untuk jumlah rombongan minimal 30 orang. Diskon bukan berupa potongan harga, melainkan berupa voucher tiket masuk gratis.
      ·Pelajar:Diskon 10% untuk jumlah rombongan minimal 20 orang.

      Syarat-syarat untuk mendapatkan dispensasi/keringanan biaya
      ·Pelajar (Sekolah, Lembaga Pendidikan, Pondok Pesantren, TPA, Lembaga Kursus, LPK & sejenisnya)
      1. Mengajukan Surat Permohonan Dispensasi yang ditujukan kepada Kepala Unit Taman Wisata Candi yang akan dituju (Borobudur, Prambanan atau Ratu Boko), oleh Kepala Sekolah dan diberi stempel sekolahan yang bersangkutan.
      2. Mencantumkan hari dan tanggal kunjungan serta jumlah siswa & guru/pendamping.
      3. Jumlah pelajar minimal 20 orang, guru yang mendapat bebas bea masuk hanya 10% dari jumlah siswa, selebihnya membeli tiket pelajar.

      ·Umum
      1. Mengajukan Surat Permohonan Dispensasi yang ditujukan kepada Kepala Unit Taman Wisata Candi (Borobudur, Prambanan atau Ratu Boko) oleh ketua rombongan dan diberi stempel yang bersangkutan.
      2. Mencantumkan hari dan tanggal kunjungan serta jumlah rombongan.
      3. Untuk umum peserta minimal 30 orang, dispensasi sebesar 10% dari jumlah rombongan, selebihnya tiket umum. Dispensasi berupa pengurangan tiket bukan uang.

      • Yulia Bastian says:

        tolong beri contoh surat permohonan dispensasi???terima kasih

        • admin says:

          Hal: Permohonan Dispensasi Tiket Masuk Wisata Candi

          Kepada Kepala Unit Taman Wisata Candi (Borobudur, Prambanan atau Ratu Boko).

          Dengan hormat,
          Kami atas nama ………………………………… yang terdiri dari….orang bermaksud mengunjungi tempat wisata candi….
          Untuk itu perkenankanlah kami mengajukan Permohonan Dispensasi Tiket Masuk Wisata Candi.

          Atas bantuan dan diperkenankannya permohonan tersebut kami ucapkan terimakasih

          Hormat Kami

          …….
          (Ketua Rmbongan….)

      • admin says:

        Kontak Pengelola:

        PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko

        Kantor Pusat (Head Office)
        Jl. Raya Yogya – Solo Km 16 Prambanan, Sleman, D.I. Yogyakarta 55571 Indonesia
        phone : +62 274 496 402, 496 406
        fax. : +62 274 496 404
        e-mail : corporate@borobudurpark.co.id, jamari@borobudurpark.co.id (Jamari)
        website: http://www.borobudurpark.co.id

        Kantor Unit Borobudur (Borobudur Temple – Unit Office)
        Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553 Indonesia
        phone : +62 293 788 266
        fax. : +62 293 788 132
        e-mail : borobudur@borobudurpark.co.id, pujosuwarno@borobudurpark.co.id (Pujo Suwarno)

        Kantor Perwakilan Jakarta (Jakarta Representative Office)
        Menara Batavia Lantai 25 Jl. K.H. Mas Mansyur Kav 126 Jakarta 10220 Indonesia
        phone : +62 21 5793 0331
        fax. : +62 21 5793 0330
        e-mail : jakarta@borobudurpark.co.id

        • octaa says:

          Minn,mw tnyaa,,Logg kitaa rmbongann drii jwa timurr kLoo anakk”usiaa dbwahh 8 thn kehitungg tiket msukk brpaa yyaa??

          • admin says:

            untuk anak diatas 3-4 tahun kelihatannya dikenakan tarif dewasa, tapi untuk jelasnya silakan hubungi pengelolanya alamat dan kontak ada di comment bagian atas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>