Pesona Kaliurang dan Tarif Villa-Penginapan

Jika Bogor punya Puncak, Jawa Barat punya  Lembang, Semarang punya Bandungan, maka Yogya punya Kaliurang. Sudah banyak cerita tentang keindahan Kaliurang. Kaliurang selalu dihubungkan dengan wisata udara sejuk dan suasana romantis di kaki Gunung Merapi.
Tempat wisata ini mulai dikenal sejak awal abad ke-19, ketika ahli geologi Belanda bermaksud mencari tempat peristirahatan bagi keluarganya. Ketika menemukan tempat ini kemudian mereka mendirikan bungalow-villa dan sebagainya. Sehingga kawasan kaliurang sangat cocok untuk wisata keluarga atau bulan madui bagi pengantin baru. Saya menyarankan janganlah anda berkunjung ke Kaliurang dengan niat Pacaran, lebih baik anda menikah dahulu supaya lebih aman.

terjun (foto: kaliurang11.blogspot.com)

Tempat-tempat layak  dikunjungi:
Selain menginap di villa-villa yang sangat banyak di sini untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Anda juga memiliki beberapa alternatif wisata yang bisa dilakukan:
1. Susur alam: Menyusuri dan melintasi alam sebelah barat Bukit Plawangan anda akan bisa menikmati indahnya pepohonan dan hutan serta , deretan 22 gua peninggalan Jepang
2. Bangunan bersejarah: adalah Wisma Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton yang pernah dipakai sebagai tempat berlangsungnya Komisi Tiga Negara.
3. Museum Ullen Sentalu: museum ini akan membantu anda mengungkap misteri kebudayaan dan nilai-nilai sejarah Jawa, terutama yang berhubungan dengan putri Kraton Yogyakarta dan Surakarta pada abad ke-19.
4. Taman Rekreasi Kaliurang. Luasnya sekitar 1 Ha terdapat berbagai fasilitas permainan untuk  anak-anak,  dihiasi oleh patung jin ala kisah 1001 malam
5. Taman Wisata Plawangan Turgo: terdapat kolam renang Tlogo Putri
6. Menikmati satwa liar: monyet burung
7. Menikmati puncak merapi dengan teropong (disewakan sekitar Rp.5000 selama 30 menit)
8. Berkeliling menggunakan kereta kelinci melewati gardu pandang  (Sewanya Rp.3.000 per orang). Untuk perjalanan eksklusif, tarifnya Rp.20.000 akan menjadikan anda seorang layaknya bangsawan.

kaliuarang2 (foto:cikidot.com)

Tiket Masuk Kaliurang:
Pengunjung + asuransi: Rp.3000/orang
Bus/Truk: Rp.3000
Mobil: Rp. 3000
Motor: Rp.2000

Tarif Villa
Ada banyak pilihan (ada sekitar 290 pilihan): apakah ingin menyewa villa, bungalow, pesanggrahan atau pondok wisata dengan tarif Rp.25.000  – Rp.200.000. Anda bisa juga menginap di beberapa hotel bintang tiga
Berikut daftar hotel dan penginapan Murah di Kaliurang:
1. Hotel Bintang 1 – 5
2. Penginapan Melati tarif Miring
3.Hotel Sangat Murah

Taman Wisata Kaliurang Yogyakarta (foto: wahw33d.blogspot.com)

Oleh-oleh yang wajib dibeli: Jadah TEMPE
Transportasi ke Kaliurang:
1.    Dari Bandara: naik trans Jogja turun di Halte Jalan Kaliurang lalu naik angkutan  jurusan Kaliurang (Rp.5000)
2.    Dari Stasiun Tugu: naik kobutri 17 ke arah UGM (Rp.2500), turun di Bunderan UGM lalu jalan kaki ke perempata mirota (50 meter) lalu naik bus jurusan Kaliurang (Rp.5000)
3.    Dari Terminal Giwangan: naik trans jogja atau semua bis kota jurusan UGM turun di perempatan Mirota/ Bunderan UGM lalu naik angkutan jurusan Kaliurang (Rp.5000)
4.    Dari Terminal Jombor: Naik Trasn Jogja turun di perempatan jalan Kaliurang lalu naik angkutan jurusan Kaliurang (Rp.5000)

demikian Pesona Kaliurang dan Tarif Villa-Penginapan. Sebelum anda pulang sangat disarankan untuk mengunjungi wisata Museum Gunung  Merapi, disini anda akan memperolah infomasi yang sangat banyak tentang Merapi dan gejala-gejala alam lainnya.

Artikel terkait: Makanan Khas Wisata Kaliurang

 

This entry was posted in Alam. Bookmark the permalink.

49 Responses to Pesona Kaliurang dan Tarif Villa-Penginapan

  1. nedic says:

    min, saya bisa minta tolong carikan villa 7 kamar di daerah kaliurang? trims…

  2. rizkabrit says:

    Mas, kalau bus ke kaliurang dari perempatan mirota, ada hingga jam berapa ya? rencananya saya mau ke prambanan dulu, estimasi jam 16.00 sampai di perempatan mirotanya. tujuannya ingin ke vogels hostel/taman wisata kaliurang. apakah masih ada busnya? thanks

  3. Liam says:

    Rencana akan ke Kaliurang, bermalam di sana. Tapi kalau pakai angkutan umum, bisa gak ke Jl. Artomulyo? Besoknya mau mengunjungi objek wisata di daerah sekitar situ sekaligus wisata kuliner, lalu lanjut ke Taman Rekreasi Kaliurang, dll. Memungkinkan/tidak? Pakai angkutan umum lho (and no ojek). Kalau gak bisa full angkutan umum dan kalau jalan kaki kelamaan, akan saya batalkan rencana ke Kaliurang, bikin itineraty untuk tempat lain saja gitu. TIA.

  4. ari says:

    min, dari candi mendut ke kaliurang naik apa ? berapa ongkosnya ? thx

    • admin says:

      naik bus jurusan jogja turun di Jombor, trus naik angkutan kecil kuning jurusan maguwo turun di mirota kampus, trus naik angkutan jurusan Kaliurang

  5. tia says:

    min, mau nanya kalo dari candi prambanan ke goa pindul naik apa ya dan berapa ongkosnya ? trs kalo dari candi borobudur ke candi mendut naik apa dan brpa jg ongkosnya ? maakasih

  6. sri yulis setiowati says:

    manthaappp….tahun baru besok mau kesana nih…tp masih bingung dari bandara kemana dan naik apa, atau naik taxi…

  7. Yoso says:

    Itu penginapannya jarakny deket deket ya min.,? Rencana tahun baru sya mau kesana,. Kira” harus booking dulu gak ya? Takutnya sampe sana udah penuh semua..

    • admin says:

      banyak penginapan kok, kalau habis yang satu bisa langsung cari disebelahnya… tp kalau mendekati tahun baru mendingan kontak dulu dengan mereka

  8. siti nurahayati says:

    Ada vila 1 rumah kah buat 10 orang + sama sewa mobil gtu buat 5 hari

  9. Karin says:

    Sugeng Enjang.. Gak, cuman perbukitanya aja yang indah, pantainya juga indah lho.. Contohnya pantai Jungwok, anyway thanks to admin, udah share informasi berharga ini..

  10. ncep says:

    mind, info dong villa yg dua kamar di kali urang!

  11. rakhmat iman says:

    saya kesulitan mencari alamat mas heri petani bunga potong anthurium di gunungputri, admin tahu enggak? 085729987051

  12. badrul says:

    Jika bermalam di kaliurang, bisa tak untuk ikut trip jeep merapi dari Kaliurang? Ada contactnya?

    • Ernessta says:

      Bagi Agan-aganwati, silahkan hub saya di no. 0897-6801-254 atau langsung email: ernessta_subandi@hotmail.com bagi yang berminat untuk treking jeep. Untuk pagi, siang / bahkan malam. Bisa pilih rute: telusur sejarah letusan gunung merapi; telusur agrowisata buah (salak) dll, tergantung minat agan dan agan wati…

      Salam hangat dari Jogja & sampai berjumpa diramahnya kota Jogja ^.^

  13. siska says:

    Kalo dr bandara mau ke kaliurang apakah ada fasilitas jemput dr hotel-hotel yg ada di kaliurang ??tks

    • admin says:

      ada sebagian yang memiliki layanan antar jemput, terutama untk hotel besar. silakan hubungi lagsung ke htel yng bersagkutan

  14. Neza Zol says:

    Klo hotel ato losmen ato apalah tempat istirahat yg per jam ad ngk min
    ????

  15. Dimez says:

    Mau tanya penginapan di dekat wisata Kaliurang untuk kapasitas 26 orang.

  16. tomi says:

    mau tanya mind……di tulisan anda beliau bilang “lok pacaran jangan,,,mending nikah dl biar lebih aman”…..maksudnya apa mind?saya dr bandung…apa pantangan2 lok wisata ke kaliurang?

    terima kasih atas balasan nya nanti

  17. Lintang says:

    Sy bru sj plng dr menginap di kaliurang tp sy kecewa berat krn sy pikir tarif yg berlaku itu sprti tarif” penginapan” pd umumnya 24 jam ternyta tarif itu hny utk 12 jam, kecewa sy itu knp distu tdk dicantumkan tarif itu utk per 12 jam trus ditmpt penginapan itu jg tdk diksh pnjlsan/info soal tarif yg segtu utk brp jamnya, krn kebiasaan sy yg sring menginap dihotel dibbrp kota yg biasa dg pemberlakuan tarif per 24 jam, sy pkir ni murah bgt tp bgtu sy cek out trnyta tarif itu membengkak 2x lipatnya bkin sy kaget krn beda dg penawaran diawl, utk admin mbok tlong utk hrga yg tertera distu jgn hrga shortime jd utk kmi yg dr luar kota bgni gak merasa tertipu dg tarif yg tertera diiklan, mksh

    • admin says:

      maaf mbak/ibu…biasanya tarif berlaku untuk 24 jam. dan ini tentunya aneh kalau 12 jam. mohon ibu kirimkan nama penginapannya, biar banyak yang tidak dirugikan nantinya.
      Makasih

  18. dj0ko1168 says:

    Bisa minta nomor2 telp Villa di Kaliurang gak ya…??

    Terima kasih.

  19. dimas says:

    Mau tanya, itu alamat tepatnya mana ? kok gakk di cantumin

  20. muhammad mahardika says:

    min mau nanya kan kita dari tugu nih ya, kalo naik transortasi umum pake apa aja? masih bingung yng turun2nya…

  21. tia says:

    mau nanya kalau dari terminal giwangan ke kaliurang naik apa ya?bis nya apa namanya?

    • admin says:

      maaf sy lupa namanya, kayaknya ada info banyak ttg bis kaliurang di giwangan.ato anda jg bisa naik trans jogja turun di halte Kopma UGM lalu nyebrang dan silakan naik bus jurusan kaliurang

  22. Bernad says:

    Mba nanya buat rekomendasi villa yang halamannya luas di sana ( area deket sama air terjun dll ) apa yg bagus ya, trus harganya sewa semalem berapa. Buat acara keluarga 10 orang..

    terima kasih

  23. angga says:

    Mw tanya, bis yg menuju kaliurang itu sampai jam brapa ya??? Dr tugu ga bisa lgsg naik transjogja untk menuju jl.kaliurang?

  24. sidik says:

    min,kaliurang bukanya hari apa aja?
    kaliurang mantap sepertinya,berapa menit klo dari jogja?
    ada rekomendasi g tmpt wisata yang bertema alam selain kaliurang?
    terimakasih

  25. teguh says:

    wahhh,,kak laman nya lengkap euy,,,yang buat mantap ada rute angkutan umum nya..di bookmark ya ka..mau jalan jalan ke yogya tapi ngecer :(

  26. oscar says:

    keren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>