Pesona Kaliurang dan Tarif Villa-Penginapan

Jika Bogor punya Puncak, Jawa Barat punya  Lembang, Semarang punya Bandungan, maka Yogya punya Kaliurang. Sudah banyak cerita tentang keindahan Kaliurang. Kaliurang selalu dihubungkan dengan wisata udara sejuk dan suasana romantis di kaki Gunung Merapi.
Tempat wisata ini mulai dikenal sejak awal abad ke-19, ketika ahli geologi Belanda bermaksud mencari tempat peristirahatan bagi keluarganya. Ketika menemukan tempat ini kemudian mereka mendirikan bungalow-villa dan sebagainya. Sehingga kawasan kaliurang sangat cocok untuk wisata keluarga atau bulan madui bagi pengantin baru. Saya menyarankan janganlah anda berkunjung ke Kaliurang dengan niat Pacaran, lebih baik anda menikah dahulu supaya lebih aman.

terjun (foto: kaliurang11.blogspot.com)

Tempat-tempat layak  dikunjungi:
Selain menginap di villa-villa yang sangat banyak di sini untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Anda juga memiliki beberapa alternatif wisata yang bisa dilakukan:
1. Susur alam: Menyusuri dan melintasi alam sebelah barat Bukit Plawangan anda akan bisa menikmati indahnya pepohonan dan hutan serta , deretan 22 gua peninggalan Jepang
2. Bangunan bersejarah: adalah Wisma Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton yang pernah dipakai sebagai tempat berlangsungnya Komisi Tiga Negara.
3. Museum Ullen Sentalu: museum ini akan membantu anda mengungkap misteri kebudayaan dan nilai-nilai sejarah Jawa, terutama yang berhubungan dengan putri Kraton Yogyakarta dan Surakarta pada abad ke-19.
4. Taman Rekreasi Kaliurang. Luasnya sekitar 1 Ha terdapat berbagai fasilitas permainan untuk  anak-anak,  dihiasi oleh patung jin ala kisah 1001 malam
5. Taman Wisata Plawangan Turgo: terdapat kolam renang Tlogo Putri
6. Menikmati satwa liar: monyet burung
7. Menikmati puncak merapi dengan teropong (disewakan sekitar Rp.5000 selama 30 menit)
8. Berkeliling menggunakan kereta kelinci melewati gardu pandang  (Sewanya Rp.3.000 per orang). Untuk perjalanan eksklusif, tarifnya Rp.20.000 akan menjadikan anda seorang layaknya bangsawan.

kaliuarang2 (foto:cikidot.com)

Tiket Masuk Kaliurang:
Pengunjung + asuransi: Rp.3000/orang
Bus/Truk: Rp.3000
Mobil: Rp. 3000
Motor: Rp.2000

Tarif Villa
Ada banyak pilihan (ada sekitar 290 pilihan): apakah ingin menyewa villa, bungalow, pesanggrahan atau pondok wisata dengan tarif Rp.25.000  – Rp.200.000. Anda bisa juga menginap di beberapa hotel bintang tiga
Berikut daftar hotel dan penginapan Murah di Kaliurang:
1. Hotel Bintang 1 – 5
2. Penginapan Melati tarif Miring
3.Hotel Sangat Murah

Taman Wisata Kaliurang Yogyakarta (foto: wahw33d.blogspot.com)

Oleh-oleh yang wajib dibeli: Jadah TEMPE
Transportasi ke Kaliurang:
1.    Dari Bandara: naik trans Jogja turun di Halte Jalan Kaliurang lalu naik angkutan  jurusan Kaliurang (Rp.5000)
2.    Dari Stasiun Tugu: naik kobutri 17 ke arah UGM (Rp.2500), turun di Bunderan UGM lalu jalan kaki ke perempata mirota (50 meter) lalu naik bus jurusan Kaliurang (Rp.5000)
3.    Dari Terminal Giwangan: naik trans jogja atau semua bis kota jurusan UGM turun di perempatan Mirota/ Bunderan UGM lalu naik angkutan jurusan Kaliurang (Rp.5000)
4.    Dari Terminal Jombor: Naik Trasn Jogja turun di perempatan jalan Kaliurang lalu naik angkutan jurusan Kaliurang (Rp.5000)

demikian Pesona Kaliurang dan Tarif Villa-Penginapan. Sebelum anda pulang sangat disarankan untuk mengunjungi wisata Museum Gunung  Merapi, disini anda akan memperolah infomasi yang sangat banyak tentang Merapi dan gejala-gejala alam lainnya.

Artikel terkait: Makanan Khas Wisata Kaliurang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>